• Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!
  • Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!
5 Februari 2024 Dilihat : 62x

Cara Merawat Mobil Listrik Hyundai agar Performanya Tetap Optimal

Penulis : adminhhdb

Cara merawat mobil listrik Hyundai berikut ini tentu cukup penting untuk menjaga performa mobil agar tetap optimal dan aman. Mobil listrik kini memang semakin populer dan banyak orang yang mulai beralih memilih mobil listrik daripada mobil konvensional. Sebab, mobil listrik memang menawarkan berbagai kelebihan tersendiri.

Kelebihan mobil listrik tersebut misalnya yaitu suaranya tidak berisik sehingga tidak akan mengganggu pendengaran banyak orang. Kemudian tidak membutuhkan BBM sehingga akan menjadi lebih hemat. Mobil listrik juga memiliki pajak yang lebih terjangkau sehingga pastinya menjadi lebih menguntungkan para pemiliknya.

Mobil listrik juga lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan zat emisi yang bisa menyebabkan polusi udara. Dengan penggunaan mobil ini maka bisa membantu memperbaiki kualitas udara, bahkan bisa menyelamatkan bumi. Karena itu, tidak heran jika pemerintah terus menganjurkan masyarakat untuk menggunakan mobil listrik.

Cara Merawat Mobil Listrik Hyundai dengan Mudah

Kini di Indonesia sudah tersedia banyak mobil listrik dari berbagai pabrikan mobil populer. Salah satunya yaitu terdapat mobil listrik dari Hyundai yang menawarkan beberapa pilihan. Misalnya yaitu terdapat Hyundai Kona Electric, Hyundai IONIQ Electric, Hyundai IONIQ 5, Hyundai Genesis G80, dan Hyundai IONIQ 5 N.

Setiap mobil listrik dari Hyundai tersebut tentu menawarkan berbagai kelebihan sendiri. Mulai dari desain yang keren dan menarik, baterai dengan kapasitas besar, performa yang handal dan berbagai kelebihan lainnya. Hal tersebutlah yang membuat mobil listrik dari Hyundai ini lebih menarik dan menjadi pilihan bagi banyak orang.

Nah, mobil listrik dari Hyundai ini tentunya juga membutuhkan perawatan sama seperti mobil pada umumnya. Meskipun begitu, perawatan dari mobil listrik ini biasanya lebih hemat daripada perawatan mobil konvensional. Karena itu pemilik mobil listrik Hyundai ini tentu bisa mendapatkan keuntungan tersendiri.

Lantas bagaimanakah cara merawat mobil listrik Hyundai ini? Berikut adalah beberapa caranya:

Membuat Jadwal Pengisian Baterai

Cara pertama yaitu dengan membuat jadwal pengisian baterai untuk menjaga kondisi baterai mobil agar tetap baik. Biasanya baterai mobil tidak perlu pengisian setiap hari, melainkan bisa setiap dua hari sekali tergantung pula dengan pemakaian mobil. Jika lebih cepat bisa menunjukkan penurunan tegangan yang membuat kondisi baterai menurun.

Waktu pengisian daya baterai sendiri berbeda-beda pada setiap mobilnya. Pemiliknya tentu harus mengetahui berapa lama pengisian daya untuk baterai mobil mereka sendiri. Untuk mengetahuinya yaitu dengan menghitung berapa daya yang dibutuhkan oleh baterai serta berapa besar kapasitas dari pengisian dayanya.

Gunakan Slow Charging

Mobil listrik biasanya memiliki mode pengisian daya yang beragam seperti fast charging dan slow charging. Pilihan mode pengisian daya tersebut bisa mempengaruhi usia serta kondisi dari baterai mobil itu sendiri. Pada mode fast charging sendiri menggunakan arus direct current sedangkan slow charging arus alternating current.

Cara merawat mobil listrik selanjutnya, pemilik bisa memilih mengisi daya baterai menggunakan slow charging daripada fast charging. Sebab meskipun waktu pengecasan mungkin akan menjadi lebih lama daripada mode fast charging namun dampaknya akan membuat baterai menjadi lebih awet. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan.

Cek Radiator Mobil

Sama seperti mobil konvensional lainnya, mobil listrik Hyundai tentu juga memiliki komponen bernama radiator yang berfungsi menjaga suhu mobil. Radiator adalah komponen yang penting karena mampu mencegah mobil mengalami overheating. Karena itu penting bagi pemilik untuk memperhatikan radiator mobil listrik.

Pemilik harus mengecek radiator mobil dengan rutin dan memastikannya mampu berfungsi dengan benar dan maksimal dalam mendinginkan mobil. Jangan lupa pula untuk mengganti air radiator atau coolant setiap kali mobil menempuh jarak 60.000 km. Tujuannya untuk menjaga coolant tetap bagus dan berfungsi dengan baik.

Perhatikan Kapasitas Baterai Mobil

Cara merawat mobil listrik Hyundai lainnya yaitu dengan selalu memperhatikan kapasitas daya baterai mobil. Jangan sampai daya baterai mobil sampai di bawah 40 persen bahkan 0 sebelum mengisi dayanya kembali. Saat melakukan pengisian daya pun usahakan hanya sampai 80-90% saja untuk mencegah baterai cepat rusak.

Bersihkan Filter AC

Pemilik mobil harus membersihkan filter AC secara berkala agar kotoran dan debu tidak semakin menumpuk. Jika tidak membersihkannya pasti filter AC bisa rusak dan mengganggu kenyamanan. Dengan begitu maka membersihkannya bisa membuat AC lebih awet dan meningkatkan kenyamanan selama mengendarai mobill.

Ganti Kampas Rem yang Habis

Cara merawat mobil listrik selanjutnya dengan mengganti kampas rem yang habis demi keselamatan berkendara. Kampas rem merupakan komponen yang sangat penting dan bisa mempengaruhi keselamatan. Seiring pemakaian mobil kampas bisa menipis bahkan habis sehingga membuat pengereman tidak maksimal dan perlu penggantian.

Cek Software dengan Rutin

Mobil listrik juga mengandalkan beberapa software untuk performa dan kenyamanannya. Karena itu pemilik mobil juga harus mengecek dan memperhatikan berbagai software mobil tersebut. Hal tersebut penting untuk menjaga performa mobil tetap maksimal dan mencegah penurunan performa yang pastinya merugikan.

Cara merawat mobil listrik Hyundai ini tentunya sangat penting demi menjaga keamanan dan performa dari mobil itu sendiri. Setiap pengguna atau pemilik mobil listrik ini tentu harus melakukan perawatannya dengan baik dan rutin. Dengan begitu maka pemilik juga bisa menggunakan mobil dengan nyaman dan aman.

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STARGAZER
Essential 1.5 IVT IDR 254.800.000
Prime 1.5 IVT IDR 289.700.000
STARGAZER X
Prime 1.5 IVT IDR 322.700.000
CRETA
Trend 1.5 IVT IDR 303.500.000
Style 1.5 IVT IDR 338.000.000
Prime 1.5 IVT IDR 364.000.000
Alpha 1.5 IVT IDR 370.500.000
SANTA FE
Signature 2.5 Bensin IDR 581.700.000
Signature 2.2 Solar IDR 623.200.000
PALISADE
Signature 2.2 AT IDR 826.000.000
Signature 2.2 AWD IDR 943.500.000
IONIQ 5
Prime Long Range IDR 768.500.000
Signature Long Range IDR 833.000.000
IONIQ 6
Signature Long Range IDR 982.500.000
STARIA
Signature 7 Seater IDR 863.000.000
Signature 9 Seater IDR 743.500.000