• Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!
  • Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!
5 Februari 2024 Dilihat : 54x

Tips Hemat Baterai Ioniq 5 untuk Memaksimalkan Daya Tempuh

Penulis : adminhhdb

Tips hemat baterai Ioniq 5 akan sangat bermanfaat. Jangan sampai pengguna melakukan kebiasaan yang akan merusak baterai mobil lebih cepat.

Baterai adalah komponen utama yang sangat penting di mobil listrik. Kondisi baterai akan sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Tips Hemat Baterai Ioniq 5
hyundai.com

Tips Hemat Baterai Ioniq 5 Paling Utama

Polusi menjadi masalah di seluruh dunia saat ini. Itulah kenapa, pemerintah berbagai negara saat ini mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggalakkan penggunaan kendaran listrik. Ini juga menjadi ladang bisnis untuk para pabrikan.

Seperti Hyundai misalnya. Brand asal Korea Selatan ini tidak ingin ketinggalan trend kendaraan. Nyatanya, Hyundai memiliki salah satu mobil listrik terbaik di series Ioniq.

Salah satu yang sangat mumpuni adalah Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik ini resmi sudah resmi mengaspal di Indonesia sejak lama. Bahkan, mobil ini dianggap sebagai mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) perdana dari pabrikan besar yang produksinya dilakukan secara lokal.

Ioniq 5 Prime Standard Range dan Ioniq 5 Signature Standard Range dapat dikendarai sejauh 384 km dalam satu kali pengisian baterai. Sementara itu, varian Ioniq 5 Prime Long Range memiliki jarak tempuh maksimum 481 km dan Signature Long Range mencapai 451 km.

Tentu saja jarak tempuh itu menjadi salah satu alasan kenapa Ioniq 5 sangat populer. Selain itu, desain Hyundai Ioniq 5 juga sangat modern.

Daya tempuh mobil bisa maksimal jika pengguna mengetahui tips hemat baterai Ioniq 5. Berikut ini beberapa tipsnya.

Memperhatikan Cara Mengemudi

Para pengguna Ioniq 5 bisa memaksimalkan pengguna baterai mobil dengan memperhatikan teknik mengemudi mereka. Sebenarnya, tips ini sama saja untuk para pengguna mobil biasa untuk menghemat bahan bakar.

Jika sudah biasa menggunakan mobil konvensional dengan mesin pembakaran internal atau Internal Combustion Engine (ICE), maka tidak akan sulit dalam mengendarai mobil listrik.

Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Bonar Pakpahan menjelaskan bahwa menghemat baterai Ioniq 5 ini sebaiknya dengan berkendara dengan santai dan tidak agresif.

Kendarai mobil Ioniq 5 dengan kecepatan yang konstan, tidak tiba-tiba terlalu cepat atau terlalu lambat. Pengguna juga bisa mengurangi beban motor elektrik pada mobil.

Tips hemat baterai Ioniq 5 ini sangat efektif. Akan lebih baik jika pengemudi bisa berkendara di kecepatan 80 km/jam. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Cruise Control agar tidak lelah.

Menjaga Kapasitas Baterai

Pengguna Ioniq 5 wajib memperhatikan kapasitas baterai mobil mereka. Jangan sampai baterai kurang atau melebihi kapasitas.

Sebaiknya jaga kapasitas baterai di rentang 20 sampai 80 persen. Hal ini sebenarnya mirip seperti cara menjaga baterai ponsel karena memang sebenarnya tidak jauh berbeda.

Akan lebih baik jika pengguna bisa menjaga untuk tidak menggunakan mobil ketika baterainya berada di bawah 20 persen, begitu juga dengan proses mengisi daya yang harus diatur sebatas 80 persen saja.

Jika tips hemat baterai Ioniq 5 ini dilakukan dengan baik, maka akan terlihat hasilnya. Baterai akan lebih awet dan tidak mudah bocor.

Regenerative Braking

Mobil elektrik seperti Ioniq 5 memiliki fitur Regenerative Braking atau yang juga sering disebut sebagai Regen Brake. Ini merupakan fitur bisa dimanfaatkan untuk menghemat baterai.

Dengan menggunakan Regen Brake, deselerasi dari mobil akan lebih bermanfaat untuk mengisi daya baterai. Dalam hal ini, motor listrik pada mobil Hyundai Ioniq 5 akan berfungsi seperti dinamo ketika terjadi Regen Braking.

Ketika tengah berkendara dan menemukan jalanan menurun atau sekedar akan melambatkan laju kendaraan, pengguna sebaiknya memanfaatkan fitur ini dengan baik.

Memilih Mode Berkendara

Drive Mode atau Mode Berkendara adalah salah satu fitur yang ada di Hyundai Ioniq 5. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini sebagai salah satu tips hemat baterai.

Ketika akan berkendara untuk jarak tempuh maksimal, sebaiknya gunakan mode ECO. Mode ECO ini akan membantu mengatur aliran tenaga mobil agar menjadi lebih efisien.

Dengan begitu, mobil Ioniq 5 bisa memaksimalkan jarak tempuh mereka. Penggunanya jadi tidak akan kecewa dan takut mobil akan berhenti secara tiba-tiba karena kehabisan baterai

Perhatikan Tekanan Angin Ban

Selain memperhatikan banyaknya berat di dalam mobil, memperhatikan tekanan angin pada ban juga akan sangat mempengaruhi penggunaan baterai.

Sebaiknya sesuaikan tekanan ban dengan rekomendasi dari pabrikan. Jika tekanan angin ban terlalu berlebih, segera kurangi dan begitu juga sebaliknya.

Ketika angin ban sudah sesuai, performa mobil jadi akan lebih mumpuni. Dengan begitu, penggunaan baterai akan lebih maksimal.

Menariknya, Hyundai Ioniq 5 sudah memiliki fitur fast charging. Fitur ini akan sangat membantu ketika di dalam keadaan darurat yang membutuhkan waktu pengisian daya cepat.

Fitur fast charging pada Hyundai Ioniq 5 350 kwh ini bisa membantu pengisian daya hingga 80% kurang dari 20 menit atau tepatnya hanya 17 menit. Padahal, durasi pengisian daya normal bisa berjam-jam lamanya.

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan fast charging karena akan berpengaruh kepada kondisi baterai. Usahanya untuk menggunakan fast charging ketika dalam kondisi darurat.

Untuk menghindari Hyundai Ioniq 5 habis baterai dalam penggunaan sehari-hari, sebaiknya selalu isi daya ketika mobil sedang tidak digunakan. Pengguna bisa mengisi daya di malam hari dan jangan lupa ikuti tips hemat baterai Ioniq 5 tersebut.

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STARGAZER
Essential 1.5 IVT IDR 254.800.000
Prime 1.5 IVT IDR 289.700.000
STARGAZER X
Prime 1.5 IVT IDR 322.700.000
CRETA
Trend 1.5 IVT IDR 303.500.000
Style 1.5 IVT IDR 338.000.000
Prime 1.5 IVT IDR 364.000.000
Alpha 1.5 IVT IDR 370.500.000
SANTA FE
Signature 2.5 Bensin IDR 581.700.000
Signature 2.2 Solar IDR 623.200.000
PALISADE
Signature 2.2 AT IDR 826.000.000
Signature 2.2 AWD IDR 943.500.000
IONIQ 5
Prime Long Range IDR 768.500.000
Signature Long Range IDR 833.000.000
IONIQ 6
Signature Long Range IDR 982.500.000
STARIA
Signature 7 Seater IDR 863.000.000
Signature 9 Seater IDR 743.500.000