• Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!
  • Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!Nikmati penawaran istimewa Hyundai Batam eksklusif hanya di Bang Dedy. Dapatkan promo menarik dan terbaik disini!
5 Februari 2024 Dilihat : 61x

Cara Menjaga Internal Mesin Mobil Hyundai Tetap Bersih dan Aman

Penulis : adminhhdb

Meskipun selalu tertutup dan tidak selalu dicek, ternyata ruang mesin pada mobil juga dapat terpapar oleh kotoran dan debu. Sehingga, pemilik mobil harus tahu cara menjaga internal mesin mobil Hyundai yang tepat. Agar ruang dapur pacu tetap terjaga performanya.

Cara Menjaga Internal Mesin Mobil Hyundai Tetap Bersih dan Aman
unsplash.com

Cara Menjaga Internal Mesin Mobil

Kondisi internal mobil yang bersih dapat meningkatkan efisiensi, performa, dan harga jual mobil Hyundai itu sendiri. Meski banyak yang masih tidak memperhatikan kondisi interial mesin, untuk menjaga kondisinya tidak terlalu sulit. Melansir dari laman Hyundai Indonesia dan beberapa sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga internal mobil tetap bersih.

Ganti Oli Secara Berkala

Salah satu komponen penting supaya mesin dapat bekerja secara maksimal adalah oli. Oli berperan sebagai bahan untuk melumasi bagian-bagian mesin mobil yang bergerak. Misalnya seperti poros engkol, piston, dan bearing.

Oli juga sangat penting untuk mencegah keausan dan kerusakan pada komponen mobil. Karena itu, perlu untuk mengganti oli secara berkala dan rutin sesuai jadwal. Apabila oli lama tidak diganti, kerak akan mulai timbul dan kualitas fungsi mesin menurun.

Sebaiknya cara menjaga internal mesin mobil adalah dengan mengganti oli mobil paling lambat 10.000 Km atau 6 bulan sekali. supaya tidak mudah lupa, bisa juga menggantinya lebih cepat, misalnya saat mobil sudah di 5.000 Km.

Gunakan Metode Flushing atau Engine Flush

Saat mengganti oli, sebaiknya menggunakan metode flushing dengan aditif. Engine flush merupakan metode perawatan pada sektor mesin mobil. Tujuan melakukan engine flush ini untuk mengoptimalkan kualitas penggantian pelumas. 

Cara ini juga bisa dilakukan untuk memperpanjang masa pakai mesin. Namun, untuk melakukan metode ini harus memenuhi dan memperhatikan syaratnya. Karena, apabila dilakukan secara sembarang justru bisa membuat mesin rontok.

Melakukan Carbon Clean

Untuk membuat performa mobil lebih optimal, cara menjaga internal mesin mobil bisa juga dilakukan dengan melakukan carbon clean. Karena, cara ini dapat membantu membersihkan area internal, seperti katup hingga bagian piston. Proses ini cukup penting untuk membuat mesin mobil menjadi bekerja lebih baik.

Apabila pada karbon muncul kerak, performa mesin dapat mengalami penurunan. Selain itu, konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih tinggi.

Disinilah carbon cleaner berperan untuk membersihkan kerak yang menumpuk dalam mesin kendaraan. Caranya dengan menghancurkan atau melarutkan lapisan kerak di bagian-bagian mesin.

Ada berbagai jenis carbon cleaner yang tersedia. Namun, pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakannya. Karena bahan yang terdapat di dalamnya bisa mengikis lapisan pada mesin-mesin tertentu.

Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Cara menjaga internal mesin mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat. Untuk mobil bensin, sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan oktan minimal 92. Bahan bakar yang memiliki oktan rendah dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Akibat dari pembakaran tidak sempurna adalah munculnya lebih banyak kerak pada mesin. Untuk mesin diesel Hyundai, ada baiknya menggunakan bahan bakar diesel berkualitas seperti Pertamina Dex, Shell Diesel, maupun BP Diesel.

Mengganti Filter Oli dan Bensin Sesuai Jadwal

Filter oli dan bensin bertugas penting dalam menyaring kotoran serta partikel-partikel halus yang dapat merusak mesin. Apabila filter oli dan bensin tidak dibersihkan dan diganti secara rutin, kotoran serta partikel halus tidak dapat lolos dan masuk ke dalam mesin.

Kerusakan akan terjadi dan kerak mulai muncul, performa mesin menjadi tidak optimal. Agar tarikan mesin mobil menjadi lebih mulus, komponen ini patut untuk diperhatikan dan pertimbangkan.

Membersihkan Mesin Mobil secara Manual

Cara menjaga internal mesin mobil kecuali opsi yang sudah disebutkan bisa juga dilakukan secara mandiri. Caranya dengan membersihkan ruang mesin mobil dengan langkah:

Pilih Lokasi

Pilih lokasi untuk membersihkan ruang mesin yang tidak langsung terkena matahari. Hal ini bertujuan supaya memudahkan proses pembersihan. Selain itu, ada beberapa bagian di dalam mesin yang terbuat dari karet dan plastik yang mudah rapuh apabila terkena matahari secara langsung.

Mesin dalam Keadaan Dingin

Pastikan mesin mobil sudah di dalam kondisi dingin. Bisa melakukan pembersihan di pagi hari saat mobil sama sekali belum menyala. Siapkan perlengkapan mencuci mobil, salah satunya ada engine degreaser untuk membersihkan oli di mesin, lap microfiber, dan lap chamois. Perlu diingat untuk memperhatikan setiap mesin karena mereka memiliki karakter berbeda di setiap bagiannya.

Perhatikan Bagian dengan Arus Listrik

Apabila pencucian dengan air, maka beberapa bagian yang memiliki arus listrik harus terbungkus dengan bahan kedap air. Perhatikan pula bagian-bagian yang memiliki arus listrik lainnya. Sehingga, aman dari bahaya korsleting dan tersetrum listrik.

Mulai Proses Pembersihan

Setelah semua persiapan sudah cukup, mulai lakukan proses pembersihan. Mulai dari membersihkan debu atau kotoran ringan dengan kuas. Bersihkan komponen mesin-mesin hingga ke sela-sela terkecil. Setelah semua bagiannya bersih, bersihkan pula bagian bawah kap mesin.

Apabila kesulitan membersihkan di sela terkecil, bisa menggunakan streamer dengan lubang kecil. Supaya air tidak menyebar kemana-mana dan membuatnya menjadi lebih berantakan. Setelah semua bagian bersih, keringkan semua bagian untuk menghindari karat muncul.

Bisa juga mengeringkan dengan menyalakan mesin untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab. Itulah beberapa cara menjaga internal mesin mobil untuk meningkatkan performa mesin mobil Hyundai. 

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STARGAZER
Essential 1.5 IVT IDR 254.800.000
Prime 1.5 IVT IDR 289.700.000
STARGAZER X
Prime 1.5 IVT IDR 322.700.000
CRETA
Trend 1.5 IVT IDR 303.500.000
Style 1.5 IVT IDR 338.000.000
Prime 1.5 IVT IDR 364.000.000
Alpha 1.5 IVT IDR 370.500.000
SANTA FE
Signature 2.5 Bensin IDR 581.700.000
Signature 2.2 Solar IDR 623.200.000
PALISADE
Signature 2.2 AT IDR 826.000.000
Signature 2.2 AWD IDR 943.500.000
IONIQ 5
Prime Long Range IDR 768.500.000
Signature Long Range IDR 833.000.000
IONIQ 6
Signature Long Range IDR 982.500.000
STARIA
Signature 7 Seater IDR 863.000.000
Signature 9 Seater IDR 743.500.000